3 Jenis Bimbingan Belajar

3 Jenis Bimbingan Belajar

Sekarang ini, bimbingan belajar sudah menjadi hal lumrah dan mudah ditemukan bahkan di daerah pedesaan sekalipun. Jika Anda berminat berkecimpung dalam bisnis ini, perlu Anda ketahui bahwa ada tiga jenis bimbingan belajar yang bisa Anda pilih. Pilih satu dari jenis ini dan kembangkan sebagai mata pencaharian utama atau sampingan Anda.

Les Kelembagaan

Jika modal Anda besar, les kelembagaan bisa menjadi tujuan Anda. Ini merupakan sekolah swasta yang didirikan oleh lembaga. Bimbingan jenis ini memberikan bermacam-macam fasilitas pendukung, misalnya modul bimbel, buku panduan les, informasi pendidikan, ringkasan rumus, konsultasi, dan sebagainya. Kondisi kelas tidak berbeda jauh dengan pembelajaran di sekolah, dimana tiap kelas diisi oleh beberapa orang siswa. Hanya saja, les kelembagaan ini lebih intensif karena jam belajarnya lebih banyak.

Les Privat/Individu

Jika Anda secara pribadi mampu secara manajerial dan kemampuan, les privat lebih tepat bagi Anda. Les ini hanya terdiri dari satu siswa dan satu tentor. Pembelajaran dilakukan di rumah klien, jadi tentornya datang langsung ke rumah, namun dalam beberapa fenomena, ada pula yang kliennya datang langsung ke rumah tentor. Les privat lebih sederhana ketimbang les kelembagaan karena intinya adalah membantu masalah siswa dalam belajar.

Les ini menjadi terlihat tidak terstruktur dengan baik karena Anda tidak memiliki kuriukulum tersendiri. Namun, bila Anda ingin membuatnya serius, Anda bisa mengembangkan les individu ini menjadi sebuah lembaga yang memberikan bimbingan belajar privat. Faktanya adalah ada siswa yang menginginkan pembelajaran privat, bukan dalam bentuk kelas. Kalau sudah begini, Anda pun harus mempersiapkan modul dan perlengkapannya.

Bimbingan Belajar Online

Bimbel jenis ini mungkin masih jarang ditemukan di Indonesia. Proses pembelajaran dilakukan secara online dengan menggunakan fasilitas internet. Bentuknya bisa bermacam-macam, dari les perorangan ataupun les secara berkelompok. Untuk memberikan penjelasan, si tentor bisa menggunakan Skype atau media lain untuk pembelajaran jarak jauh. Namun, peminat bimbel jenis ini sangat sedikit karena dirasa kurang efektif.

Apapun jenis yang akan Anda pilih, diperlukan modal dan kemauan yang kuat untuk membesarkan nama Anda.