8 Cara Cepat Mengajar Matematika Di Kelas (1)

Belajar matematika dianggap sulit, lebih sulit lagi adalah mengajar matematika yang memudahkan siswa memahami materi. Berikut ini adalah beberapa cara mudahnya.

8 Cara Cepat Mengajar Matematika Di Kelas (1)

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai 8 cara mudah belajar matematika. Kini informasi ini beralih pada subjek yang lain, yakni tenaga pengajar. Bagi kelompok ini sekalipun menjadi pengajar matematika bukan perkara sederhana. Karena seringkali masalah sulitnya matematikan untuk dipahami justru berawal dari tenik mengajar yang kurang tepat. Terlepas dari stigma sulit yang terlanjur melekat pada pelajara matematika.

Mengajar matematika memang memerlukan teknik khusus. Karena deretan rumus dan angka di mata siswa kadang terlalu berkesan absurd dan tidak dekat dengan dunia nyata. Jadi adalah tugas Anda untu mendekatkan rumus rumus tadi dengan dunia nyata dan realitas.

Seperti apa cara cepat yang kreatif dalam mengajar matematikan dalam kelas?

  1. Gunakan penggambaran cerita
    Ubah logika matematika dan soal matematika yang terkesan kaku menjadi cerita soal yang lebih nyata. Mengubah sekedar angka menjadi sebuah benda dalam jumlah tertentu yang perlu Anda hitung bisa lebih memudahkan siswa membayangkan konsep dasar dari rumus.
  2. Gunakan peraga drama
    Kadang untuk membuat logika menjadi lebih mudah dipahami siswa, Anda juga bisa mencoba melibatkan langsung siswa dalam kelas untuk masuk dalam cerita. Kesannya memang rumit, namun banya penelitian menunjukan membuat seorang mengalami sendiri suatu pengalaman akan memudahkanotaknya menyerap pesan lebih baik dan inilah alasan Anda perlu membuat siswa merasakan sendiri fungsi dan cara kerja dari rumus.
  3. Gunakan permainan
    Cara lain yang hampir serupa dengan cara kedua adalah dengan model permainan dimana siswa diajak melakukan permainan yang terkait dengan perhitungan. Biasanya ini tidak mudah dipraktekan pada rumus tingkat kompleks tetapi sangat efektif ketika Anda gunakan untuk membantu memahami konsep berhitung.
  4. Gunakan diskusi dan kompetisi
    Siswa mudah terbentuk rasa ingin belajarnya ketika mereka merasakan adanya haw kompetisi. Itulah sebabnya jangan ragu membangun itu dalam kelas untuk memicu siswa. Di sisi lain bangun pula suasana diskusi dalam kelas untuk membantu siswa saling mengisi antara siswa yang sudah memahami materi dengan mereka yang belum.

Itu tadi 4 cara pertama dari memahami cara mengajar matematika yang memudahkan siswa dalam menerima materi.