8 Cara Cepat Mengajar Matematikan Di Kelas (2)

Teknik mengajar matematika juga menjadi kunci siswa lebih mudah memahami materi. Kesalahan dalam mengajar bisa saja menjadi fatal dan inilah cara cepat mengajar matematika

8 Cara Cepat Mengajar Matematika Di Kelas (2)

Mengajar matematika membutuhkan kreativitas dan ketekunan. Sama sulitnya dengan belajar matematika. Karena di sini Anda mungkin harus berhadapan dengan beragam siswa dengan beragam kemampuan dan daya tangkap.

Untuk itu di sini Anda sebagai tenaga pengajar, Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam menemukan ide-ide dan teknik mengajar yang memudahkan siswa memahami materi Anda. Bagaimanakah cara cepat mengajar matematika? Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas 4 cara cepat pertama dari total 8 cara cepat, maka kali ini kami akan membahas 4 cara cepat kedua. Berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

  1. Manfaatkan kreativitas siswa
    Kadang justru cukup dengan mengajak siswa mengimajinasikan konsep dari rumus dan perhitungan, membayangkan pemanfaatan rumus tersebut Anda sudah bisa menuai hasil. Jangan kira imajinasi siswa tidak akan membantu banyak, karena imajinasi adalah salah satu kekayaan dari pola berpikir anak-anak.
  2. Manfaatkan alat peraga teknologi
    Di era modern macam ini Anda juga bisa mengajak siswa melihat langsung beragam perangkat teknologi yang memanfaatkan konsep dan teori matematika. Tunjukan bagaimana rumus dan perhitugan tersebut bekerja pada perangkat tersebut dan libatkan logikan dan imajinasi mereka untuk memahaminya. Cara ini tidak hanya memacu kemampuan kognitif anak terhadap matematika, tetapi juga mendorong rasa ingin tahunya lebih jauh.
  3. Manfaatkan peraga gambar dan animasi
    Ada cara lain yang tidak kalah modern dan berteknologi yakni memanfaatkan gambar dan video animasi untuk menggambarkan logikan matematika. Di masa kini sudah banyak media yang menyediakan animasi yang berdasar pada gejala dan situasi-situasi denga berdasarkan logika rumus.
  4. Manfaatka observasi langsung.
    Di sini siswa diajak merampungkan sebuah perhitungan dan kemudian mencoba mengutak atik perhitungan tersebut dalam konsep persamaan. Karena pada dasarnya semua konsep matematikan berdasar pada persamaan, maka Anda bisa mengubah arah dari rumus untuk membentuk rumus lain dari sebuah rumus matematika. Inilah yang perlu dieksplorasi dan observasi.

Mudah bukan rupanya mengajar matematika, kuncinya adalah kreatifitas dan kemauan untuk membantu siswa mencapai prestasinya.

8 Cara Cepat Mengajar Matematika Di Kelas (1)