Akankah Bisnis Waralaba Bimbel Bertahan Lama?

Akankah Bisnis Waralaba Bimbel Bertahan Lama?

Semakin banyak orang yang membeli lisensi waralaba bimbel semakin menunjukkan betapa pesat perkembangan bisnis ini. Namun, apakah demikian adanya? Anda tidak harus percaya begitu saja. Kenapa? Karena tidak sedikit uang yang harus Anda keluarkan jika ingin membeli lisensi waralaba atau franchise bimbingan belajar.

Sebenarnya, tidak sepenuhnya betul jika dikatakan bahwa bisnis franchise itu akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dari segi kuantitasnya saja memang banyak dan hampir bimbel yang sudah terkenal memiliki cabang hampir di setiap kota di Indonesia?

Namun pertanyaannya sampai kapan?

Masyaraka sekarang sudah mengerti program franchise, di mana pemilik lisensi franchise seolah yang dikejar setoran. Mereka harus mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan untuk membeli lisensi. Selain itu, mereka juga harus memperhitungkan antara biaya operasional dan royalty yang harus mereka bayarkan kepada pihak franchisor.

Itulah kenapa semakin banyak orang yang tidak percaya dengan mutu pendidikan franchise bimbel.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bimbel dengan brand sendiri. Mereka tidak dikejar target. Mereka butuh berkembang dan perlu semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Itulah mengapa bimbel dengan brand sendiri (bukan franchise) ini bekerja mati-matian untuk meninggikan kualitas sistem pembelajaran agar semakin tinggi juga kepercayaan para orang tua yang imbasnya mereka akan kebanjiran peserta didik.

Kuncinya ternyata hanya satu, yaitu meraih kepercayaan para orang tua murid. Dengan cara bagaimana? Tentunya dengan melakukan inovasi pembelajaran dengan mengupdate buku atau panduan bimbingan belajar.

Bisnis bimbel ini sama dengan bisnis jasa yang lain, yaitu bagaimana membuat peserta didik pintar dan lebih dari murid-murid yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Untuk itu, sebuah bimbingan belajar harus memiliki panduan pembelajaran atau buku bimbel yang lengkap dan update sesuai dengan perkembangan pendidikan terkini.

Tentu cara tersebut diatas jauh lebih efektif dan jauh lebih murah daripada membeli lisensi franchise bimbel, bukan? Anda bisa mulai mengenalkan brand program bimbingan belajar Anda dan terapkan sistem pembelajaran berdasarkan modul bimbel terupdate. Lambat laun, masyarakat akan tahu dan percaya kepada bimbel Anda.