Apakah Benar Franchise Bimbingan Belajar itu Menguntungkan?

Apakah Benar Franchise Bimbingan Belajar itu Menguntungkan?

Memang mendapatkan lisensi franchise bimbingan belajar atau bimbel itu sangat menguntungkan. Tapi, coba Anda bandingkan jika Anda memiliki bisnis sendiri, yaitu program bimbel dengan nama dan brand Anda sendiri.

Kebanyakan para pebisnis saat ini lebih suka dengan hal-hal yang instan. Seperti halnya makanan, mereka merasa lebih mudah membuat makanan instan.

Kebanyakan pebisnis yang memulai bisnisnya dengan cara membeli lisensi franchise atau waralaba bimbel karena mereka memiliki modal dan mereka tidak ingin berpikir terlalu sulit untuk membangun sebuah lembaga.

Lalu, apa jadinya jika orang berpikir sama seperti itu? Orang akan mudah mendirikan lembaga bimbel dan kompetisinya tidak terlalu ketat. Akibatnya, kualitas pelayanan yang diberikan pun kurang maksimal.

Itulah mengapa kebanyakan franchise bimbel itu gulung tikar karena mereka hanya mengejar target tanpa mempertimbangkan kualitas pelayanan (pendidikan) yang akhirnya masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan bimbel tersebut.

Lalu apa solusinya?

Akan lebih baik jika Anda membuat brand lembaga bimbingan belajar Anda sendiri daripada mengikuti program waralaba bimbel.

Yang pertama, Anda akan lebih inovatif dan tidak terkesan meniru. Franchise itu tidak beda dengan program plagiarism atau tiruan karena semuanya mulai dari modul, metode pembelajaran, dan standarisasinya disesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan oleh franchisor.

Padahal, masyarakat sekarang semakin cerdas. Mereka memilih bimbel yang inovatif, bukan yang sama dengan bimbel-bimbel yang lain.

Jika Anda memiliki dana, daripada membeli lisensi franchise, akan lebih baik jika Anda membeli modul bimbingan belajar saja.

Sekarang Anda bisa bandingkan saja berapa dana yang harus Anda keluarkan jika Anda membeli lisensi waralaba bimbel? Mencapai ratusan juta bukan? Padahal apa yang Anda dapatkan itu tidak lain adalah modul pembelajaran.

Jadi, alangkah lebih bijak jika Anda mengalihkan dana sebesar ratusan juta rupiah tersebut dengan membeli modul bimbel yang harganya jauh lebih murah.

Selebihnya, Anda bisa gunakan untuk sosialisasi dan pemasaran untuk membangun brand lembaga bimbel Anda di masyarakat.

Lalu, pertanyaannya adalah apakah benar Franchise bimbingan belajar itu menguntungnya? Betul, tapi lebih menguntungkan jika Anda membangun brand bimbel Anda sendiri.