Apakah Lembaga Bimbingan Belajar Harus Terdaftar?

Apakah Lembaga Bimbingan Belajar Harus Terdaftar?

Peluang membuka lembaga bimbingan belajar terbuka lebar apalagi sekarang ada paket buku panduan belajar yang bisa didapatkan secara mudah. Dengan bermodalkan buku panduan itu saja, bisa dikatakan Anda bisa membuat bimbel di mana Anda tinggal.

Lalu, muncukl pertanyaan. Bukankah sebuah lembaga pendidikan seperti bimbingan belajar harus terdaftar di Departmen Pendidikan setempat?

Ya, semua lembaga pendidikan memang seharusnya terdaftar di departemen pendidikan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan perijinan.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dan Anda tidak perlu memikirkan perijinan terlebih dahulu.

Apa saja hal yang harus Anda lakukan sebelum mendapatkan perijinan?

Yang pertama, Anda harus memiliki peserta didik baru. Pada dasarnya, langkah yang satu ini yang lebih susah, daripada hanya mendapatkan selembar kertas yang isinya berupa pengesahan atau pemberian ijin mendirikan lembaga bimbingan belajar. Mendapatkan peserta didik baru merupakan bukti kesungguhan Anda menjalankan bisnis ini.

Yang kedua, lengkap sarana dan prasarana, mulai dari tempat dilaksanakan pembelajaran, buku panduan, dan juga staf pengajar.

Tentu saja Anda sudah harus memiliki semua itu. Mungkin hal yang paling sulit adalah membuat buku panduan belajar. Namun, Anda tidak perlu begadang setiap malam untuk membuat buku panduan belajar karena Anda bisa mendapatkannya dari ahli pendidikan. Jadi, Anda hanya perlu menyediakan sarana mulai dari gedung, meja, kursi, papan tuliis, dan lain sebagainya.

Jika perlu, Anda sebaiknya melengkapi sarana dan prasarana lembaga bimbingan belajar Anda dengan peralatan multimedia seperti komputer, proyektor, dan lain sebagainya. Sarana ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik.

Setelah dua langkah penting tersebut sudah Anda lakukan, Anda tinggal mengajukan perijinan dan pasti akan diterima. Tidak ada alasan untuk tidak menerima pendirian lembaga yang Anda pimpin. Anda sudah memiliki kelengkapannya seperti peserta didik, staf pengajar, gedung lengkap dengan sarana dan prasarananya dan juga buku panduan.

Yang sering menjadi kendala beberapa lembaga bimbingan belajar ketika mengajukan perijinan adalah buku panduan. Oleh karena itu, Anda pastikan mendapatkan buku panduan bimbingan belajar dari pakar pendidikan agar proses perijinan pendirian lembaga bimbel lancar.