Bisnis Franchise Bimbingan Belajar: Apa yang Harus Dipersiapkan

Bisnis Franchise Bimbingan Belajar: Apa yang Harus Dipersiapkan

Selain uang untuk membeli franchise bimbingan belajar, Anda juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum mendirikan sebuah lembaga bimbel. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Tidak hanya uang saja yang harus Anda siapkan untuk mendapatkan lisensi franchise bimbel. Dari pihak franchisor, mereka akan mengirimkan petugas untuk melakukan survey lokasi di mana Anda akan menjalankan bisnis ini. Survey ini dilakukan untuk melihat serta menilai apakah sudah sesuai dengan kriteria atau standar franchisor atau tidak.

Untuk itu, Anda harus benar-benar mempersiapkan agar lolos ketika survey dilakukan.

1. Gedung

Memang tidak ada standar yang pasti mengenai berapa luas gedung yang harus Anda miliki sebagai tempat pembelajaran. Akan tetapi, kebanyakan franchisor menstandarkan tempat bimbingan belajar memiliki beberapa ruangan pembelajaran dengan luas yang cukup untuk menampung sekurang-kurangnya 15 peserta didik.

Tentu saja ruangan tersebut dilengkapi dengan peralatan yang menunjang pembelajaran seperti papan tulis. Modul bimbel disediakan dari pihak franchisor. Namun, jika diperlukan, Anda bisa melengkapi dengan modul bimbel terbaru sesuai dengan perkembangan pendidikan.

2. Lahan Parkir

Ini sangat penting karena lahan parkir berpengaruh besar terhadap minat orang tua dan juga murid sendiri untuk mendaftar di lembaga bimbingan belajar Anda. Seperti halnya rumah makan. Orang akan lebih suka berhenti untuk makan di rumah makan dengan parkir yang luas karena alasan kenyamanan.

3. Lokasi

Lokasi menjadi faktor utama apakah Anda akan mendapatkan lisensi franchise bimbel atau tidak. Tentu saja pihak franchisor memiliki target jumlah peserta didik semakin banyak ketika satu cabang dibuka.

Itulah mengapa hanya gedung yang terletak di lokasi yang strategis saja yang akan diterima. Anda bisa membuat bimbel di area yang tidak terlalu jauh dengan beberapa sekolah atau di ruko yang sudah ramai.

 

Setelah Anda memastikan semua hal tersebut sudah terpenuhi, Anda tinggal menunggu pihak yang mensurvey dan pasti Anda akan mendapatkan lisensi franchise bimbel. Setelah itu, Anda tinggal menjalankan bisnis dan jangan lupa membayar royalty tiap bulan sesuai ketentuan dari pihak franchisor.