займ на карту без проверок

Bisnis Lembaga Bimbingan Belajar Privat

Bisnis Lembaga Bimbingan Belajar Privat

Assalammualaikum wr, wb.

Saya ingin mendirikan sebuah lembaga bimbingan belajar privat untuk anak SD, SMP dan SMU. Saya ingin menanyakan

  1. Bagaimana peluang bisnis lembaga pendidikan private untuk anak SD, SMP, SMU?
  2. Kemudian bagaimana strategi terbaik untuk mendapatkan murid karena persaingan dengan lembaga privat yang lain dan bimbel yang sudah maju cukup ketat?
  3. Bagaimana menanamkan mental yang kuat untuk berbisnis karena waktu itu saya pernah membagikan brosur lembaga privat saya di suatu sekolah kemudian saya melihat brosur saya berserakan dijalan dan saya langsung down?
  4. Bagaimana cara yang paling efektif untukmengetes/menyaring guru privat agar mendapatkan kualitas yang baik?
  5. Bagaimana cara yang paling baik penggajian antara pihak manajemen dengan pengajar, apakah dengan gaji bulanan atau bagi hasil prosentase dari pembayaran siswa?

Demikian pertanyaan saya, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalaamu’alaikum wr, wb.

Opix

Jawaban

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.

Bung Opix. Peluang bisnis lembaga pendidikan privat bagi anak SD, SMP atau SMA, sangat besar. Usaha seperti inilah yang membesarkan bisnis PRIMAGAMA, SONY SUGEMA dan sebagainya. Itu kalau kita cerita sukses. Kalau cerita gagal, tentu saja lebih banyak lagi.

Bedanya cerita sukses dan gagal, seringkali hanya terkait pada gigih atau tidaknya pengelola usaha dalam mengelola usahanya. Mereka yang gigih, akan berhasil mendapatkan apa yang diinginkannya. Mereka yang berhenti di tengah jalan, pastilah akan memperoleh kegagalan.

Bung Opix. Urusan strategi, haruslah terkait dengan berbagai potensi yang anda miliki. Saya bisa saja cerita banyak soal strategi, tapi jika salah satu unsurnya tidak anda miliki, strategi itu tidak akan berjalan dengan baik. Misalnya, saya usulkan strategi menyebarkan brosur yang menarik ke banyak orang.

Hal ini tidak akan jalan jika anda tidak punya dana sepeser pun. Jadi sebelum saya paparkan soal strategi, sebaiknya anda paparkan dahulu kondisi-kondisi yang ada pada anda, misalnya kondisi keuangan, kondisi sumber daya manusia, pasar yang ingin anda tuju, lokasi anda dan sebagainya.

Mengapa anda langsung down ketika anda melihat brosur yang anda sebarkan berserakan di jalan? Itu karena anda merasa bahwa anda pandai. Orang pandai melihat dan mengalami kondisi seperti itu, akan langsung menyimpulkan, bahwa usaha yang anda lakukan gagal total. Itu sebabnya, berpikirlah sebagai orang bodoh.

Orang bodoh, tidak segera mengambil kesimpulan. Ia akan mencobanya di tempat lain. Seringkali bukan kepintaran yang menentukan sukses seseorang, tetapi kegigihan. Saya sering bertemu dengan orang-orang yang sukses, dan seringkali saya temukan beberapa hal yang kemudian menunjukkan bahwa ia bukan orang yang sangat-sangat pandai. Kegigihan dan keuletannya lah yang membawanya ke titik sukses.

Sebelum melakukan tes, sebaiknya anda harus menentukan dahulu, standar kualitas seperti apa yang anda inginkan. Misalnya, mampu mengerjakan soal yang sulit dan rumit. Mampu mengajar dengan baik dan menyenangkan. Mau dibayar murah. Jujur. Badannya sehat. Dan sebagainya. Dan sebagainya.

Dari berbagai kriteria itu, anda bisa melakukan serangkaian tes, sehingga kualitas yang anda inginkan bisa anda dapat. Misalnya, mampu menyelesaikan soal yang sulit dan rumit, bisa anda tes dengan memberinya soal yang sulit sekaligus rumit. Badannya sehat, bisa anda dapatkan dengan melakukan tes kesehatan di laboratorium tertentu. Mengajar dengan baik dan menyenangkan, bisa anda tes dengan memintanya mengajar suatu topik tertentu di hadapan anda.

Soal penggajian, tentu saja tergantung anda sebagai pemilik usaha. Otoritas penuh ada di tangan anda. Jika anda menginginkan hanya membayar gaji, anda harus mencari orang-orang yang mau menerima gaji. Jika anda ingin sistem penggajian dengan pola bagi hasil, maka anda harus mencari orang-orang yang siap berbagi hasil dengan anda. Mana cara yang lebih baik, andalah yang menyimpulkan. Dan ana bisa simpulkan jika anda sudah menjalaninya.