займ на карту без проверок

Cara Bekerja Sama dalam Bisnis Bimbel

Cara Bekerja Sama dalam Bisnis Bimbel

Ada banyak hal yang perlu dilakukan agar bimbel bisa berkembang. Promosi, pengajaran dan administrasi, dan pendanaan adalah empat hal utama yang diperlukan untuk kelancaran belajar mengajar. Pada prateknya, ketiga hal tersebut akan menyangkut berbagai aspek detail. Semau hal ini mungkin akan membuat Anda merasa berat jika melakukannya sendirian. Maka, sudah saatnya Anda untuk mempertimbangkan bekerja sama dengan orang lain. Nah, ada dua macam orang yang kerja sama. Siapa saja mereka?

Ajak Kawan Bergabung

Ketika Anda kuliah, Anda memiliki banyak teman dan beberapa diantara mereka mungkin memiliki jiwa bisnis yang sama dengan Anda. Bahkan, Anda mungkin sempat membicarakannya ketika kuliah. Nah, mengapa Anda tidak mengajar kawan Anda tersebut untuk bergabung dengan Anda mendirikan sebuah lembaga bimbingan belajar?

Kawan yang memiliki pandangan yang sama memiliki loyalitas yang tinggi karena kedudukan Anda dengan kawan Anda setara. Bahkan, Anda bisa berbagai ide dan gagasan untuk mengembangkan bimbel termasuk promosi, pengajaran dan keuangan. Namun, dalamhal keuangan, kawan Anda mungkin tidak bisa membantu banyak jika Anda dan kawan Anda tidak memiliki dukungan financial yang besar.

Pilih Investor Luar

Opsi kedua khusus bagi Anda yang memiliki kesulitan finansial atau permodalan. Mendirikan sebuah bimbel memerlukan modal, dan mungkin memerlukan biaya yang tidak sedikit jika Anda mencari tempat yang bagus dan strategis dengan promosi yang gencar.

Nah, investor luar akan membantu Anda dalalm permodalan, namun Anda sendirilah yang harus memikirkan ide dan trik jitu untuk membelanjakan uang tersebut demi berkembangnya bimbel Anda. Pada intinya, mereka adalah investor pasif dan mendapatkan profit sesuai kesepakatan setelah bisnis Anda mendapatkan keuntungan.

Siapa investor luar itu? Bisa siapapun, namun sangat sulit meyakinkan orang luar khususnya lembaga keuangan seperti bank jika bimbel Anda baru saja berdiri. Orang tersebut bisa seseorang di keluarga Anda yang percaya kepada Anda bahwa uang tersebut akan digunakan untuk permodalan bimbel.

Siapakah yang paling potensial untuk diajak bergabung? Kawan Andalah yang akan banyak membantu dari segi ide dan gagasan. Dukungan finansial cukup penting tapi jika Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, akan menjadi bumerang bagi Anda.

Baca : SOP Bimbel