Cara Sederhana Mengelola Bimbel

Cara Sederhana Mengelola Bimbel

Setelah bimbel Anda berdiri, maka saat itu juga, Anda sudah harus memiliki bayangan tentang manajemen bimbel Anda. Menajemen yang baik akan membuat bimbel terasa teratur, tidak ada tumpang tindih pekerjaan ataupun jadwal. Intinya, semua bisa berjalan dengan baik. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengelola sebuah bimbel adalah:

Jadwal Guru

Ketika siswa Anda mulai banyak, maka Anda akan membutuhkan beberapa guru. Jadi, yakinkan guru-guru lembaga bimbel Anda mudah dikoordinasikan. Dengan begitu, Anda bisa mudah menyusun jadwal mengajar untuk para guru, baik guru pengganti maupun guru tetap.

Jika Anda membiarkan bimbel Anda tidak bisa berkoordinasi, akan terjadi jadwal tumbukan dan ada kelas yang terbengkelai.

Jadwal Belajar

Siswa yang datang kepada Anda datang dari berbagai sekolah yang berbeda. sehingga, merekapun memiliki waktu luang yang berbeda pula. Maka, Anda harus mengatur jadwal secermat mungkin dengan menyesuaikannnya dengan jadwal sekolah siswa Anda. Sehingga, semua siswa bisa terakomodasi dengan baik.

Siapkan Modul Lengkap dan Praktis

Modul bimbel sangat penting bagi pengajaran dan pembelajaran. Lewat modul guru bisa mengajar siswa dengan mudah dan siswa memiliki referensi ketika mereka belajar di rumah. Karena modul ini sangat penting, yakinkan modul yang Anda miliki berkualitas tinggi baik dari segi konten ataupun sistematika penulisan. Konten yang baik dan berkualitas menghindari kesalahpahaman pada siswa. Sesuaikan dengan kurikulum yang baru sehingga yang diajarkan di lembaga bimbel dan disekola bisa saling mendukung, bukannya bertentangan.

Bagi Anda yang belum siap modul bimbel ini, Anda bisa mencari banyak sumber diinternet dimana Anda bisa membeli modul ini secara onlie. Modul ini sudah lengkap utuk pengajaran dari siswa SD hingga SMA/K. Di dalamnya, sudah ada materi dan latihan soal yang membuat guru atau lembaga bimbel tidak membuat dan menyusunannya sendiri.

Keuangan

Agar Anda bisa menghitung pendapatan dan pengeluaran Anda secara terperici, Anda harus membuat pembukuan keuangan dengan cukup jelas. Buku keuangan int tidak perlu rumit. Intinya adalah Anda bisa melihat jelas apa yang masuk yang dihitung sebagai pendapatan, dan uang yang keluar seperti untuk beban listrik, dan sebagainya. Dengan demilian, Anda abisa menghitung seberapa besar pengeluaran dan pendapatan Anda.

 

Artikel Terkait :

Kiat Sukses Memperoleh Trust dari Klien Lembaga Bimbel

Mencontek Kesuksesan Para Bimbingan Belajar Besar