Ini Dia Kelemahan Dari sistem Belajar Tutoring Online

Ini Dia Kelemahan Dari sistem Belajar Tutoring Online

Pada kesempatan sebelumnya Anda sudah berkenalan soal apa itu usaha bimbel online dan apa saja kelebihan dari sistem bimbel online ini. Tentu saja dibalik kelebihan selalu ada kekurangan dan pada kesempatan ini kami akan mengulas soal kekurangan dari sistem belajar tutoring online.

Apa sajakah kekurangan dari sistem belajar tutoring online yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan internet ini? Berikut ini adalah informasinya.

  1. Tidak ada kontak langsung
    Cara klasik untuk adanya pertemuan dan kontak langsung tatap muka antara siswa dan tutornya menjadi pilihan yang paling banyak digemari siswa. Mereka merasa cara inilah satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil belajar mengajar paling efektif. Jadi ketika ada piliha bimbel dengan media internet, dengan kedua pihak tidak langsung bertemu muka, kebanyakan siswa merasa kurang nyaman dan tidak yakin akan berhasil menguasai materi.
  2. Tidak sepenuhnya bisa terawasi
    Karena tidak bisa bertemu muka langsung, maka dengan sendirinya faktor kesadaran dari siswa menjadi faktor penentu keberhasilan proses belajar mengajar dalam setiap sesinya. Karena di sini hanya siswa yang serius dan berniat belajar saja yang bisa menjalaninya dengan sukses. Siswa bisa saja berpura-pura dan tidak menjalani kelas denga serius karena sang tutor tidak bisa melihat langsung aktivitas siswanya.
  3. Kadang materi kurang tersampaikan
    Karena disampaikan dalam bentuk teks dalam chat room atau dalam bentuk data upload. Kadang materi kurang tersampaikan dengan baik kepada siswa. Diperlukan kemampuan komunikasi via chat room yang baik untuk bisa memaksimalkan kualitas belajar mengajar, karena sebenarnya sistem tutoring online macam ini tidak lantas memotong peluang sukses menjadi lebih kecil dari metode bimbingan belajar klasik.
  4. Sifat sesi tidak terikat
    Pada beberapa sistem tutoring online macam ini, kadang karena ikatannya seperti tidak sekuat dalam model ikatan sebagai pengajar mentor di kelas bimbingan belajar atau ikatan kontrak sebagai pengajar privat, sehingga tutor cenderung menjadikan profesi ini sebagai urusan kedua. Sehingga bisa lebih leluasa untuk tidak memberikan tutoring ketika ada acara lainnya.

Itu tadi 4 macam kelemahan dan kekurangan dari model bimbel online satu ini. Untuk menyiasati kelemahan ini, diperlukan semacam ikatan kontrak yang sifatnya mengikat kepada tutor supaya mereka lebih bertanggung jawab dengan sesi pengajaran mereka. Pilihlah pula tutor yang pandai membangun komunikasi dua arah yang baik sehingga menyampaikan materi pembelajaran dengan baik.

usaha bimbel online, modul bimbel, modul bimbingan belajar, buka usaha bimbel, modul bimbel sd, modul bimbel smp, modul bimbel sma, tips mendirikan bimbel, kiat mendirikan bimbel.