Kenapa Tidak Suka Franchise Bimbel?

Kenapa Tidak Suka Franchise Bimbel?

Tidak banyak yang berani menjalankan lembaga pendidikan sendiri sehingga mereka memilih franchise bimbel. Tetapi, tidak sedikit juga tidak suka berbisnis dengan cara membeli franchise bimbingan belajar.

Kenapa?

Alasan yang paling klasik adalah biaya yang mahal. Anda tahu berapa dana yang harus dipersiapkan untuk membeli lisensi franchise atau waralaba bimbel? Mulai dari puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Tidak itu saja. Anda juga harus membayarkan royalty setiap bulan. Memang jumlah royalty yang harus Anda bayarkan kepada pihak franchisor berbeda antara lembaga bimbel satu dengan yang lain. Tapi, yang jelas ada kekurangan dari penghasilan Anda perbulan karena potongan untuk membayar royalty. Dan itu berlaku untuk selamanya.

Jadi selain dana yang keluar di awal, penghasilan Anda dari menjalankan bisnis bimbel juga berkurang karena Anda harus membayar royalty tiap bulan.

Ada juga yang tidak suka franchise bimbel memiliki alasan lain. Mereka menganggap franchise bimbel itu bisnis yang merepotkan.

Selain membayar sejumlah uang di awal, mereka juga harus mempersiapkan segala hal sesuai dengan standarisasi dari pihak franchisor seperti luas bangunan, peralatan pembelajaran, lokasi, dan lain sebagainya. Belum lagi lokasi di mana Anda mendirikan lembaga bimbel harus jauh dari lembaga bimbel dengan brand yang sama.

Bahkan, jika ada dua bimbel atau franchisee dari bimbel yang sama di satu kota, kemungkinan profit Anda tidak terlalu bagus.

Tentu saja ada banyak lagi alasan kenapa beberapa orang tidak suka franchise atau waralaba bimbel. Mereka lebih suka merintis lembaga dengan brand mereka sendiri daripada memberikan uang untuk membeli lisensi waralaba bimbingan belajar dan royalty tiap bulan.

Mereka tinggal membeli modul bimbel yang sudah disusun oleh para pakar di bidang masing-masing lain yang tentu harganya jauh lebih murah daripada membeli lisensi franchise. Selain itu, modul bimbingan belajar tersebut juga selalu diupdate, disesuaikan dengan perkembangan pendidikan.

Jadi, mana yang Anda akan pilih? Apakah tetap membeli lisensi franchise bimbel atau membeli modul bimbel terbaru?