Kiat Mengembangkan Usaha Bimbingan Belajar

Kiat Mengembangkan Usaha Bimbingan Belajar

Kiat Mengembangkan Usaha Bimbingan Belajar

Memiliki usaha bimbingan belajar tidak sekedar berdiri kemudian berjalan tanpa rencana yang jelas. Bila lembaga yang Anda pimpin sudah sempat berjalan, kini tiba waktunya bagi Anda untuk mempertahankan. Tanpa batas waktu dan kenal lelah, lembaga Anda harus bertahan dan sedikit demi sedikit dikembangkan. Namun, bagaimana cara mengembangkan usaha bimbingan belajar ? Bagaimana agar siswa kita semakin banyak sehingga menambah profit bagi Anda?

Kata Pakar Bisnis

Seorang pengusaha sekaligus pengarang “Jadi, Anda ingin Menjadi Pengusaha“, John Rusly mengungkapkan kiat sederhana mengembangkan usaha bimbel. Katanya, resepnya sederhana, yaitu buat siswa yang Anda didik lulus dengan nilai memuaskan, dan bisa diterima di sekolah atau perguruan tinggi ternama impian mereka.

Bagaimana Caranya?

Visi tersebut harus direalisasikan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas lembaga tercermin dari guru atau tentor yang berkualitas. Guru akan menjadi pilar utama demi mewujudkan visi di atas. Guru yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang berkualitas pula. Kualitas ini tidak bisa ditampilkan melalui baliho atau spanduk besar, tapi dengan mulut ke mulut. Dengan begini, kelas Anda akan selalu penuh tanpa upaya marketing yang berarti.

usaha bimbingan belajar
usaha bimbingan belajar

Jadi, selektiflah dalam memilih guru. Guru-lah yang menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan mampu membawa siswanya memperoleh prestasi tinggi di sekolah.

Fokus Pada Kualitas

Dalam bukunya, Joh Rusly juga mengungkapkan “Orang yang mengejar uang, akan mendapat SEDIKIT uang. Tetapi, orang yang mengejar kualitas, mengejar menjadi yang terbaik, akan mendapatkan BANYAK uang”. Apa artinya?

Jika Anda mengelola bimbel, maka kejarlah kualitas bimbel Anda. Banyak lembaga yang harus gulung tikar karena mereka terlalu mengejar kuantitas siswa. (Baca : Modul Bimbingan Belajar untuk Siswa Aktif )Bila lembaga Anda memang terbukti berkualitas, maka Anda tidak perlu mencari siswa. Siswa sendiri yang akan mencari Anda.

Untuk mencapai tahap tersebut, diperlukan kerja keras, tanpa kenal lelah. Usaha akan berjalan dan semakin berkembang dengan memperaktekkan kiat-kiat mengembangkan usaha bimbingan belajar di atas. Semakin besar lembaga Anda, maka profit yang Anda terima juga semakin besar.