Langkah-Langkah Mendirikan Bimbingan Belajar

Langkah-Langkah Mendirikan Bimbingan Belajar

Bisnis mengelola bimbingan belajar (bimbel) merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi mengalami kesuksesan dalam bisnis bimbel bukanlah hal yang mudah karena persaingannya begitu ketat. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah jitu dalam mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematangkan konsep bimbingan belajar yang diinginkan. Langkah ini mencakup diantaranya pelajaran apa saja yang akan diajarkan dalam bimbingan belajar, jenjang pendidikan yang diterima di bimbingan belajar (apakah mulai dari jenjang TK, 1 SD, 3 SD dan sebagainya), batasan jumlah siswa per kelas, metode pengajaran yang akan anda terapkan, serta kualitas tenaga kerja baik guru maupun staff.

Langkah kedua adalah lokasi bimbingan belajar. Dalam memilih lokasi sebaiknya dipertimbangkan faktor berikut:

  • dekat sekolah
  • jalur yang ramai dilewati oleh siswa sekolah
  • mudah dijangkau oleh kendaraan terutama jalur angkutan umum.

Lakukan pula survei terhadap bimbingan belajar lain di sekitar tempat yang anda rencanakan. Jika bimbingan belajar lain sudah banyak berdiri di sekitar tempat tersebut maka perlu dipertimbangkan kembali apakah anda akan memulai usaha anda di sana atau tidak.

Langkah ketiga adalah membuat konsep pemasaran yang baik dan menarik sehingga bisnis bimbingan belajar yang anda dirikan dapat dikenal dan diminati oleh konsumen. Semoga langkah-langkah tersebut dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana cara mendirikan bimbingan belajar yang baik.