Langkah Sukses Mendirikan Bimbel (Bimbingan Belajar)

Bagaimana Menjadi Sukses Dengan Bisnis Bimbingan Belajar?

Belakangan ini bisnis bimbingan belajar semakin banyak, bak jamur di musim penghujan. Trend ini semakin menjamur berkat tuntutan standar tinggi ujian kelulusan yang diberlakukan beberapa tahun ini. Lebih-lebih, bila Anda amati pasar dari bisnis satu ini seolah tidak pernah habis. Setiap tahun selalu ada anak yang naik kelas, menghadapai ujian nasional dan menghadapi ujian masuk universitas. Jadi setiap tahun selalu ada jumlah yang cukup besar untuk pasar potensial dari bisnis bimbingan belajar.

Tingginya permintaan disambut baik dengan semakin banyak saja pemain baru dalam bisnis bimbingan belajar. Tidak bisa terelakan persaingan semakin hari semakin ketat. Padahal di antara banyak bisnis bimbingan belajar yang bertebaran itu, sudah ada nama-nama lama yang besar dan ternama. Banyak orang tua yang lebih suka mempercayakan pengajaran anak mereka pada lembaga bimbingan belajar yang sudah memiliki nama besar dengan alasan kepastian kualitas.

Hal ini menyebabkan banyak pelaku bisnis bimbingan belajar harus bekerja ekstra untuk bisa membuat para orang tua melirik pada lembaga milik mereka. Karena bila pemilik usaha lengah pesaing Anda dengan cepat bisa melibas pasar Anda.

Lalu bagaimana cara yang terbaik untuk sukses dengan bisnis bimbingan belajar?

Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi referensi bisnis bimbingan belajar Anda.

  1. Terus berinovasi
    Salah satu cara jitu dalam mensukseskan usaha bimbel Anda adalah dengan menjadi berbeda dari kebanyakan bimbel yang ada. Karena bila Anda menawarkan jasa konvensional yang sama saja dengan bimbel lain, maka Anda harus bersaing dengan bimbel-bimbel besar yang sudah maestro dengan metode konvensional. Beberapa bimbel menawarkan model kelas dengan jumlah siswa maksimal 5 alias semi privat atau kelas intensif khusus masuk universitas.
  2. Menjaga kualitas
    Salah seorang pakar bisnis berkata, mereka yang menjalankan bisnis dengan mengejar uang, maka hanya akan menghasilkan sedikit uang, tetapi mereka yang mengejar kualitas akan mendapatkan hasil banyak uang. Inilah yang juga perlu menjadi paradigma Anda. Pastikan Anda sudah menyediakan fasilitas terbaik sesuai dengan biaya kursus yang Anda kenakan. Modul dengan kualitas materi dan konten terbaik (seperti modul bimbel milik Oscas), tenaga tentor dengan kualitas dan pengalaman.
  3. Mengatur pos biaya
    Mengatur pos biaya tidak selamanya berarti pelit, tetapi lebih pada bijaksana dalam melakukan pengeluaran. Rekruit tenaga kerja seperlunya sesuai kapasitas dan kemampuan keuangan. Anda juga bisa menekan biaya dengan membeli soft copy  modul bimbel dari Oscas. Modul ini berkualitas karena digarap tenaga profesional, tetapi lebih murah dibandingkan bila Anda menggarap modul sendiri
  4. Integritas
    Bila Anda bisa mengupayakan modul terbaik, tenaga tentor dengan kemampuan terbaik dan ruangan kelas dengan beragam fasilitas. Maka Anda bisa menambahkan nilai jual bisnis bimbingan belajar Anda dengan integritas. Sesuatu yang kadang cukup sulit Anda dapatkan dari bimbingan belajar lain. Kebanyakan bimbingan belajar hanya peduli untuk memperbanyak siswa, kadang dengan membagi ilmu cara cepat dan tepat menjawab soal. Padahal kadang cara ini justru merusak konteks asli dari soal, dan mengaburkan konsep sebenarnya dari rumus.
    Anda bisa tetap menjalankan cara tadi, tetapi dengan juga memberikan logika dari konteks soal. Anda tidak hanya membantu siswa bisa mengerjakan soal, tetapi juga membantunya memahami ilmunya. Integritas inilah yang bisa menjadi nilai tambah Anda terlebih di era kurikulum 2013 yang lebih berbasis pengalaman dan pemahaman ini.
  5. Menjalin kerjasama
    Anda bisa menciptakan konsumen-konsumen baru dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan pasar potensial Anda. Misalkan dengan bekerjasama dengan guru di kelas atau dengan pihak kepala sekolah. Cara lain yang bisa Anda jajal adalah dengan menjadi sponsor acara pendidikan atau dengan mengikat kontrak dengan universitas swasta lokal untuk memberikan beasiswa kepada siswa yang berhasil mencapai standar nilai tinggi di try out.

Membuka bisnis dengan persaingan tinggi memang bukan perkara mudah. Tetapi sebagaimana pepatah, ada gula ada semut, persaingan yang tinggi ini sebenarnya reaksi dari banyaknya permintaan bimbingan belajar. Jadi bagaimanapun peluang bisnis bimbingan belajar Anda tetap besar bukan? Manfaatkan kesempatan dan reguk hasilnya.

 Terdia modul bimbel : Modul Bimbel SD, Modul Bimbel SMP, Modul Bimbel SMA, Bank Soal SD, Bank Sola SMP, Bank Soal SMA, SOP, Software administrasi bimbel dll. hubungi bagian pemasaran OSCAS