Lembaga Bimbingan Belajar Paling Disukai Siswa

Lembaga Bimbingan Belajar Paling Disukai Siswa

Mungkin Anda satu diantara sekian banyak pemilik lembaga bimbingan belajar tidak merasa tidak puas dengan perkembangan lembaga yang Anda pimpin. Jika ya, Anda harus peka dan mendengarkan apa yang disukai oleh siswa.

Anda perlu menjawab pertanyaan berikut? Berapa jumlah siswa yang akhirnya kembali lagi dan mengambil paket bimbel lagi? Berapa persen penambahan siswa setiap tahunnya?

Jika jawabannya tidak memuaskan, berarti ada yang salah dengan lembaga bimbel yang Anda pimpin.

Bertanya langsung kepada konsumen tentu tidak efektif karena ada kemungkinan jawaban atau data yang akan didapatkan tidak valid karena hanya sedikit atau bahkan tidak ada yang mau menceritakan kekurangan lembaga yang Anda pimpin karena mereka sungkan.

Untuk itu, Anda perlu tahu lembaga bimbingan belajar seperti apa yang disukai dan difavoritkan oleh siswa

1. Jadwal yang Fleksibel

Kebanyakan lembaga bimbel sudah membuat jadwal sehingga calon peserta didik bisa memilih pada jam berapa dan hari apa mereka ingin mengikuti program pembelajaran.

Akan tetapi, tahukah Anda kadang siswa keberatan dan akhirnya tidak jadi mendaftarkan sebagai peserta didik? Ada beberapa alasan seperti jadwal bentrok atau tabrakan dengan kegiatan di sekolah, mereka sudah menjadwalkan kegiatan tertentu, dan lain sebagainya.

Ada baiknya Anda membuat jadwal yang fleksibel, mengikuti keinginan peserta didik. Tentu saja Anda bisa memberikan opsi hari dan jam.

2. Sistem Pendidikan yang Selalu Inovatif

Tidak bisa dipungkiri bahwa siswa akhirnya mengikuti program bimbingan belajar karena dua alasan. Yang pertama, mereka tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Yang kedua, mereka tidak puas dengan pembelajaran di sekolah.

Untuk alasan yang kedua ini, Anda harus berani memberikan nilai lebih. Artinya, lembaga bimbingan belajar harus memiliki sistem pembelajaran yang membuat anak didik merasakan ada hal selangkah lebih maju daripada apa yang mereka dapatkan di sekolah.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu meng update panduan atau buku pembelajaran untuk lembaga bimbel yang Anda pimpin. Dengan cara itu, peserta didik akan selalu mendapatkan hal yang baru di setiap pembelajaran, tidak seperti yang sudah diajarkan di sekolah.

Artikel terkait

Potensi Bimbingan Belajar (Bimbel) di Daerah Pedesaan

Cara Meriset Peluang Bisnis di Lingkungan Anda

Sarana dan Prasarana Minimal untuk Mendirikan Bimbingan Belajar