Materi Dasar Pelajaran Matematika Kelas VIII Sebagai Rujukan Modul Bimbel SMP

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas mengenai materi dasar pelajaran matematika kelas VII. Maka kali ini kita akan meneruskan pada materi dasar matematika kelas VIII sebagai rujukan dalam penyusunan modul bimbel SMP.

Kenapa focus pada matematika? Karena matematika  menjadi salah satu pelajaran yang paling sering dikeluhkan siswa dan memiliki permintaan paling banyak di pasar bimbinga belajar. Bimbingan belajar harus melihat celah ini dengan bijak, terutma memahami pola kebutuhan real di kalangan siswa sekaligus memahami bagaimana materi dari pelajaran matematika di kelas sebenarnya.

Apa saja materi dalam pelajaran matematika kelas VIII tersebut?

  1. Persamaan linear dua variabel
    Ini adalah pengembangan dari persamaan sederhana di kelas VII, siswa dituntut memahami logika dari persamaan linear ini sementara juga mengeksplorasi pemanfaatannya di dunia teknis dan fenomena alam.
  2. Persamaan kuadrat
    Siswa harus dapat membedakan antara persamaan kuadrat dengan bentuk persamaan lain, memahami logika bentukannya dan mengeksplorasi pemanfaatannya di dunia teknis.
  3. Perbandingan
    Sistem perbandingan dalam kelas VIII jelas lebih kompleks dari kelas sebelumnya. Di sini siswa diharap mampu mengembangkan logika lebih luas lagi, serta memahami penerapan kompleksnya di dunia teknis.
  4. Lingkaran
    Siswa diharapkan memahami spesifikasi lingkaran yang membedakannya dari bangun 2 dimensi lain dan mengeksplorasi lebih jauh mengenai penerapan konsep lingkaran dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Teori phitagoras
    Siswa tidak hanya sekedar menghafal teori tetapi memahami konsep logika dan di baliknya serta memahami apa manfaat dari teori ini dalam banyak sisi kehidupan.
  6. Sistem koordinat
    Mengenal dan memahami konsep korrdinat, mempraktekannya dengan baik serta mengenal situasi-situasi di dunia nyata yang terkait dengan koordinat.
  7. Bangun ruang
    Siswa akan mendapatkan perhitungan yang lebih rumit dari materi di kelas VII, karenanya diperlukan logika yang ebih kompleks untuk memahaminya.
  8. Peluang
    Mengenal konsep peluang, konsep pendataan peluang serta mempraktekan logika peluang. Termasuk pula mempraktekan ilmu ini ke dalam dunia nyata.

Itulah 8 materi dasar dari pelajaran matematika untuk kelas VIII. Anda tinggal menjabarkan kedua materi dasar tadi dalam modul bimbel SMP sesuai dengan pendekatan kurikulum 2013 yang Anda sesuaikan. Untuk pendekatan terbaik dalam menyusun modul bimbel matematika, Anda bisa menemukannya di sini.