займ на карту без проверок

Membeli Modul Bimbingan Belajar Printed Modules atau Modul Soft-File?

Membeli Modul Bimbel Printed Modules atau Modul Soft-File?

Ketika membeli sebuah modul bimbingan belajar, Anda akan dibenturkan pada dua pilihan. Modul yang banyak ditawarkan terdiri dari dua macam, yaitu cetakan (printed modules)dan soft file. Kedua jenis tersebut tidak ada pengaruhnya dengan konten seperti materi, soal pembahasan dan soal-soal. Ini ada hubungannya dengan pilihan Anda dan hal-hal yang bisa atau tidak bisa Anda lakukan jika Anda salah memilih format modul yang Anda beli. Berikut ini kelebihan dan kekurangan printed modules dan soft file modules format.

Modul Cetakan (Printed Modules)

Karena ini modul cetakan, yang Anda beli sudah dalam bentuk buku. Anda cuku mengeluarkan uang dan modul yang akan dapatkan sudah dalam bentuk buku dan siap dibagikan kepada para siswa Anda. Intinya, modul cetakan sangat praktis.

Namun demikian, modul ini kurang fleksibel. Sebelum Anda membagikan kepada para siswa, Anda tentu akan mengecek semua materi dan latihan soal di dalamnya dan kemungkinan adanya kesalahan dalam pengetikan dan pencetakan yang tidak sempurna pasti ada. Kalau memang ada, Anda tidak bisa mengedit kesalahan tersebut. Di sisi lain, Anda tidak bisa mengubah jika ada materi yang akan Anda tambahkan ke dalam modul tersebut.

Modul Soft-File

Lain halnya dengan modul yang Anda beli masih dalam bentuk soft file atau dengan format Ms. Word 2007. Semua hal yang tidak bisa dilakukan pada printed modules bisa dilakukan pada soft-file. Anda bisa mengedit dan menambahkan logo ataupun moto bimbel di dalamnya sehingga akan Nampak bahwa modul tersebut keluaran bimbel sendiri.

Selain itu, modul seperti ini juga sudah disediakan cover dengan format yang bisa diedit dengan Photoshop sehingga bisa disesuaikan dengan logo dan moto bimbel Anda sendiri.

Kalau ada kemungkin kesalahan ketik (meskipun kecil), Anda bisa mengecek dan memperbaikinya dengan mudah. Sementara, modul cetakan bisa saja diperbaiki tapi tidak mungkin memperbaiki semua modul dalam waktu singkat. Dari segi biaya, lebih irit dan mungkin Anda bisa menemukan percetakan yang bisa memberikan harga yang lebih kompetitif.

Jadi, manakah yang Anda pilih? Semua menawarkan keunggulan masing-masing, tinggal Anda yang harus memutuskan.