Mendirikan Bimbel Tanpa Modal

Mendirikan Bimbel Tanpa Modal

Banyak orang mengira bahwa mendirikan bimbel harus memiliki modal yang besar. Tapi, ternyata tidak. Berbekal ketrampilan yang Anda miliki, Anda sudah bisa mendirikan sebuah lembaga bimbel. Namun, karena tanpa modal, tentu prosesnya tidak seperti pendirian bimbel dengan modal yang besar. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mendirikan lembaga bimbel tanpa modal, simak informasi berikut ini.

Tentukan Target

Lihatlah diri Anda dan ketahui potensi yang Anda miliki. Setelah itu, tentukan target pasar Anda. Untuk pertama ini, Anda tidak memerlukan guru pembantu. Dengan potensi yang Anda miliki, Anda sudah bisa menyasar target siswa tingkat SD atau SMP. Sebaiknya menghindari menyasar SMA lebih-lebih Anda baru pertama sebab nantinya akan terlihat meragukan. Pilihlah pasar dimana Anda mampu di dalamnya. Dengan begitu, Anda akan terlihat meyakinkan dan memang benar-benar kredibel.

Memulai Dari Les Privat

Jika Anda bermaksud mendirikan bimbel tanpa modal, maka mulailah dengan mengajar secara privat. Ini akan memberikan keuntungan bagi Anda karena Anda tidak perlu mempersiapkan peralatan seperti modul bimbel, papan tulis, spidol ataupun kertas. Anda hanya perlu mempersiapkan alat tulis sederhana kemudian mendatangi siswa yang akan Anda ajar. Fee yang Anda dapat dari les privat secara perlahan bisa dijadikan sebagai modal untuk membuka bimbel di rumah Anda.

Memulai Bimbel di Rumah

Setelah modal yang didapat dari fee mengajar privat terkumpul, maka sudah waktunya Anda mengatur bimbel dari rumah. Sebagai tahap awal, Anda tidak perlu mempersiapkan kelas yang super mewah. Yang paling penting adalah ruangan yang digunakan untuk mengajar nyaman bagi guru dan siswa. Tidak perlu besar yang penting sederhana dan mampu menampung beberapa siswa sesuai kebutuhan.

Regenerasi Guru

Ketika bimbel rumahan Anda semakin berkembang dan Anda tidak mungkin mengajar semua kelas yang ada, sudah waktunya bagi Anda untuk mencari guru pembantu. Dengan adanya guru pembantu, Anda bisa fokus pada manajemen dan pengembangan usaha bimbel Anda.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda praktekkan jika Anda mau memulai usaha bimbel tapi tidak ada modal. Dengan kerja keras, bimbel Anda akan mendapatkan modal dan semakin berkembang.