Mengembangkan Bisnis Bimbel- Apa Opsinya?

Mengembangkan Bisnis Bimbel- Apa Opsinya?

Saking banyaknya lembaga bimbel, banyak desa yang beberapa tahun lalu tidak ada lembaga bimbel, sekarang sudah mulai bermunculan. Umumnya mereka masih skala rumahan, masih terkesan sederhana dan kurang memiliki motif bisnis, sehingga mereka kurang bisa berkembang. Memang ada banyak kendala jika ingin memajukan sebuah bimbel, tapi bukan berarti tidak ada jalan keluar.

Baca : Kiat Mengembangkan Usaha Bimbingan Belajar

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bimbel sehingga lebih mendatangkan keuntungan, ada beberapa hal yang bisa diupayakan:

Mengganti Motif Usaha

Jika bimbel Anda masih skala rumahan, Anda pasti banyak menjumpai siswa yang bayar terlambat, padahal biaya bimbel yang Anda berikan sangat terjangkau. Dengan metode yang sudah setara dengan bimbel besar dan guru yang profesional, masalah ini masih tetap saja timbul.

Maka, sudah saatnya Anda untuk mengganti motif usaha Anda. Skala rumahan masih cenderung dirasa banyak orang kurang profesional dan seolah-olah masih usaha charity. Sehingga, mereka cenderung meremehkan. Motif yang Anda lakukan memang untuk mencari keuntungan, tapi jika Anda terlalu mempertimbangkan aspek sosial, seperti rasa tidak enak, dan hal lain yang membuat Anda tidak maju, bimbel Anda akan jalan di tempat.

Baca : Berbagai Kendala dan Solusi dalam Bisnis Bimbel

Fokus pada perkembangan bisnis Anda. Perlihatkan kepada mereka bahwa Anda serius sehingga mereka akan berpikir dua kali untuk telat bayar iuran.

Mendapatkan Suntikan Modal

Jika Anda sudah mulai serius, segerala melakukan pembenahan. Jika masih skala rumahan, sudah saatnya Anda untuk membuat atau menyewa tempat khusus untuk mengajar. Berikan fasilitas yang mendukung sehingga tempat bimbel Anda semakin elegan.

Untuk mendukung hal tersebut, suntikan dana diperlukan. Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa cara. Bila Anda memiliki modal, baik dari saudara atau teman dekat, Anda bisa mengajak mereka untuk bergabung sebagai investor pasif. Jika tidak, Anda bisa meminjam modal ke bank. Solusi yang kedua mengharuskan Anda untuk bekerja lebih keras karena bunga bank tentu tidak sedikit. Namun, jika Anda mampu memaksimalkan marketing dengan menyasar target yang tepat dan didukung dengan metode, modul bimbel dan guru yang profesional, lembaga bimbel Anda akan semakin besar dan mendatangkan keuntungan kepada Anda.