Merekruit Mentor Yang Tepat Untuk Usaha Bimbingan Belajar

Merekruit Mentor Yang Tepat Untuk Usaha Bimbingan Belajar

Ini dia beberapa informasi mengenai cara merekruit mentor yang tepat untuk sebuah usaha bimbingan belajar.

Seperti sudah diulang berkali-kali dalam artikel kami, bicara soal kualitas dalam sistem belajar mengajar dalam sebuah usaha bimbingan belajar sangat dipengaruhi oleh kualitas dari modul bimbel yang digunakan dan kualitas tenaga mentor yang baik. Itu sebabnya aspek merekruit mentor adalah bagian penting bagi usaha bimbel.

Bila Anda mencari modul bimbel yang berkualitas, ada beberapa alternatif cara yang bisa Anda jalankan. Mulai dari menyusunnya sendiri dengan bermodal buku materi pembelajaran formal dan bank soal, yang meski dari sisi kualitas kurang menjamin tetapi masih bisa ditoleransi untuk strata pendidikan SD yang memang materi soalnya belum terlalu berat.

Atau melibatkan pakar-pakar penyusun yang memang akan memakan biaya besar. Bisa pula memilih alternatif terakhir yang bagi kami justru alternatif terbaik, membeli modul bimbingan belajar siap pakai dari penyusun terpercaya seperti OSCAS.

Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana cara menemukan mentor dengan kualitas yang baik? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda jajal di dalam usaha bimbingan belajar Anda untuk mendapatkan mentor yang sesuai dengan standar kualitas baik.

  1. Mentor dari jurusan keilmuan murni
    Pada beberapa universitas negeri ternama terdapat jurusan keilmuan murni seperti jurusan Matematika, jurusan Fisika, jurusan Kimia atau jurusan Biologi. Tenaga kerja dari jurusan keilmuan murni memiliki kecenderungan menyukai ilmu yang mereka dalami dan cenderung menikmati serta benar benar menguasai pekerjaan dalam bidang tersebut. Di sisi lain peluang kerja di dunia umum untuk lulusan ini kurang luas jadi pilihan menjadi mentor adalah sebuah peluang baik untuk mereka.
  2. Mentor wanita
    Kebanyakan mentor wanita cenderung lebih berdedikasi dan memiliki kemampuan bertahan lebih baik dari mentor pria. Pekerja wanita cenderung mencari pekerjaan dengan beban wktu kerja yang tidak panjang sehingga menyukai pekerjaan sebagai mentor yang jam kerjanya bisa diatur. Sedang pekerja pria cenderung mencari pekerjaan yang mampu menjanjikan penghasilan lebih besar, sesuatu yang kadang sulit Anda penuhi. Itu sebabnya mereka terkesan lebih tida betah dan mudah pindah.
  3. Mentor dengan kemampuan komunikasi baik
    Salah satu syarat mutlak sebagai mentor adalah kemampuan membangun Suasana belajar yang nyaman bagi siswa. Ini hanya bisa dicapai bila mentor mampu membangun komunikasi dua arah dengan apik. Jadi jangan terpaku pada ilmu dan strata pendidikan, kadang mereka yang berasal dari universitas swasta justru bisa membangun komunikasi lebih baik.

Itu tadi beberapa informasi terkait cara menemukan mentor yang berkualitas bagi usaha bimbingan belajar Anda.