Modul Bimbingan Belajar (Modul Bimbel) Sebagai Pembeda dan Identitas Bimbel

Modul Bimbingan Belajar (Modul Bimbel) Sebagai Pembeda dan Identitas Bimbel

Bagi lembaga bimbingan belajar, modul pembelajaran atau biasa disebut modul bimbel merupakan salah satu komponen dari identitas dari lembaga tersebut. Hal ini disebabkan isi modul akan menggambarkan cara pembelajaran dari lembaga bimbel tersebut.

Misalnya dari segi susunan isi modul, jika modul terdiri dari materi-materi yang merupakan rangkuman dari inti materi beserta latihannya dan dibuat per paket maka bimbel tersebut menerapkan sistem pembelajaran per paket materi tanpa menyesuaikan materi yang sedang dipelajari oleh siswa di sekolahnya masing-masing. Umumnya bimbingan belajar ini menempatkan banyak siswa dalam satu kelas pada saat pembelajaran.

Namun, jika modul tidak dibuat dengan sistem per paket melainkan menyesuaikan dengan bab-bab seperti yang ada di buku pelajaran maka biasanya bimbingan belajar menerapkan sistem pembelajaran yang menyesuaikan pelajaran yang dipelajari siswa, biasanya bimbingan ini bersifat privat dan semi privat.

Selain itu, dari segi penulisan konsep dan trik – trik mudah yang dipaparkan pada modul juga berbeda-beda antara bimbingan belajar yang satu dengan bimbingan belajar yang lain. Bahkan ada pula yang tidak memiliki konsep dan trik-trik khusus. Dengan demikian modul itu secara otomatis dapat menggambarkan identitas dari suatu lembaga bimbingan belajar dan inilah yang pada akhirnya modul menjadi salah satu faktor pembeda antara suatu lembaga bimbingan belajar dengan yang lainnya.