Peranan Modul Bimbingan Belajar Terhadap Mutu Bimbingan Belajar

Peranan Modul Bimbingan Belajar Terhadap Mutu Bimbingan Belajar

Modul pembelajaran menjadi bagian yang sangat penting bagi proses pembelajaran di sebuah bimbingan belajar. Pengajar umumnya menstandarkan materi yang mereka ajarkan ke siswa sesuai dengan apa yang ada pada modul. Jika modul yang dipakai memiliki sistematika yang baik maka semua pengajar akan mengajar secara sistematis sehingga memudahkan siswa memahami konsep pelajaran. Modul juga mampu menyeragamkan kualitas pengajar dalam mengajar sehingga semua siswa mendapatkan kualitas belajar yang sama saat di bimbingan belajar. Ketiadaan modul akan membuat kegiataan belajar mengajar di bimbingan belajar menjadi tidak beraturan baik dari segi materi yang diajarkan maupun kualitas pengajarannya.

Selain materi, soal-soal pada modul juga sangat berperan. Soal-soal ini akan dijadikan latihan setiap kali siswa belajar di bimbingan belajar sehingga keakuratan soal dalam melatih kemampuan siswa dalam memahami soal sangatlah penting. Soal yang baik akan mampu membuat siswa memami konsep dan dapat mengerjakan berbagai bentuk latihan soal di sekolah mereka. Soal-soal prediksi untuk ujian pada modul juga memiliki peran penting yang akan sangat membantu siswa untuk mendapatkan nilai terbaik saat ujian.

Melalui pemaparan diatas maka modul sangat berperan dalam menentukan mutu dari suatu bimbingan belajar. Jika suatu bimbingan belajar memiliki dan menggunakan modul yang berkualitas maka mutu dari bimbingan belajar itu juga berkualitas.