Peranan SOP Bimbingan Belajar terhadap Peningkatan Mutu Bimbingan Belajar

Peranan SOP Bimbingan Belajar terhadap Peningkatan Mutu Bimbingan Belajar

SOP (Standard Operating Procedure) merupakan faktor penting bagi suatu organisasi, baik profit maupun non-profit. Dengan adanya SOP, kinerja suatu organisasi akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Aktivitas akan berjalan secara konsisten sehingga target-target yang telah disepakati akan mudah diraih, kecuali jika ada faktor eksternal yang memang belum diprediksi sebelumnya.

Bimbingan belajar atau bimbel, sebagai suatu organisasi yang berfungsi untuk mendukung daya prestasi anak sangat memerlukan adanya SOP. Keberadaan SOP diperlukan agar guru dan staff memahami peran dan fungsinya masing-masing sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam bekerja. Misalnya SOP mengenai pelayanan (service). Apa yang harus dilakukan oleh seorang staf ketika ada tamu yang datang untuk bertanya, jawaban apa yang harus diberikan ketika seorang siswa bertanya tentang jadwal bimbel. Pelayanan yang baik akan membuat siswa atau pengunjung merasa nyaman di lokasi. Contoh lain adalah SOP mengenai pengajaran. Jam berapa seorang guru harus datang ke kelas dan kapan harus menyelesaikan pelajarannya, bagaimana teknik mengajar yang baik. Dengan demikian siswa akan merasa bahwa bimbel Anda adalah bimbel yang pas untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

SOP yang terdokumentasi dengan baik akan menjadi panduan guru dan staff dalam bekerja sehingga mereka dapat menjalankan perannya masing-masing dengan baik. Walhasil, mutu kinerja setiap guru dan pegawai akan terjaga bahkan meningkat sehingga berefek baik pula kepada mutu bimbingan belajar yang Anda kelola.