Persyaratan dan Perizinan Membuka Bimbingan Belajar

Persyaratan dan Perizinan Membuka Bimbingan Belajar

Assalamua’alaikum Wr. Wb.

Bagaimanakah persyaratan untuk membuka usaha bimbingan belajar, dan bagaimana pula perizinannya baik dari sisi izin usaha maupun izin ke Departemen Pendidikan atau departemen lain yang berkaitan dengan kurikulum agar nantinya lembaga bimbingan belajar ini bisa mengeluarkan sertifikat resmi?

Dan apakah harus berbadan usaha? jika harus, badan usaha apakah yang di diperbolehkan?

Tolong dijelaskan tahapan prosedur-prosedur dan persyaratan yang harus dilakukan dan dipenuhi agar terwujud suatu lembaga bimbingan belajar resmi.

Terima kasih atas perhatian dan saran bapak.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Rahman
intania_rahman at eramuslim.com

Jawaban

Wa ‚Äėalaikum salaam Wr. Wb.

Bung Rahman. Membuka usaha bimbingan belajar, tentu saja ada syaratnya. Dan itu sangat tergantung pada skala usaha anda. Kalau skala besar, mungkin anda perlu ruangan cukup besar. Tapi kalau skalanya kecil, bisa jadi anda tidak perlu ruangan sama sekali, karena anda bisa melakukannya di rumah pelanggan anda (misalnya, les privat). Syarat lainnya, tentu saja harus ada tenaga pengajarnya. Bisa anda sendiri, atau anda membayar orang lain. Beberapa peralatan lain juga harus anda persiapkan misalnya modul, buku panduan, kartu anggota dan sebagainya.

Soal perizinan, untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, ada baiknya anda datangi saja kantor wilayah Depdiknas di kota anda untuk menanyakannya. Di sana, anda bisa juga menanyakan berbagai prosedur resmi yang harus anda jalani, termasuk juga badan usaha apa yang diperbolehkan menjalankan usaha bimbingan belajar. Itu kalau anda merasa bahwa izin itu penting.

Saya pribadi, tidak terlalu mementingkan perizinan. Yang penting usaha saya tidak melanggar hukum dan tidak merugikan orang lain, saya akan jalan dulu. Perizinan akan saya urus belakangan. Yang saya tahu, beberapa bimbingan belajar yang cukup beken di tanah air, juga mengurus perizinan usahanya belakangan, setelah usahanya maju. Bahkan sampai sekarang ada usaha yang sama sekali tak ada izin resmi sebagai bimbingan belajar.

Bung Rahman. Usaha bimbingan belajar menjadi daya tarik bagi para konsumen bukan karena mereka bisa mengeluarkan berbagai macam sertifikat, tetapi karena mereka bisa membantu siswanya menembus sekolah negeri favorit atau Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Jadi, sertifikat bukanlah kepentingan yang esensial dalam usaha bimbingan belajar.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.