Pola SDM (Sumber Daya Manusia) dalam Bimbingan Belajar

Pola SDM (Sumber Daya Manusia) dalam Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar yang sukses pasti dikelola oleh SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. Pemilik bimbel harus memiliki pola pengaturan SDM yang baik sehingga bimbel dapat dikelola dengan baik pula.

Artikel ini hanya menggambarkan secara ringkas mengenai pengelolaan SDM di bimbingan belajar. Pemilik bimbel harus memiliki SOP yang jelas tentang fungsi, hak dan kewajiban pegawai maupun guru. Semua ini harus tersampaikan secara jelas dan detil kepada mereka. Dengan demikian, mereka dapat bekerja sesuai peraturan yang ada dan pemilik bimbel pun dapat melakukan evaluasi dengan mudah terhadap kinerja staf dan guru.

Demi meningkatkan kualitas SDM, diperlukan adanya pelatihan atau training sesuai dengan fungsi kerjanya. Misalnya pelatihan tenaga pengajar atau guru. Sekalipun guru sudah sering melakukan aktivitas mengajar, namun program training atau ini tetap diperlukan. Misalnya pelatihan bagaimana mengelola kelas yang baik. Pada pelatihan ini, setiap guru dapat saling berbagi mengenai pengalamannya serta memberi solusi. Selain guru, pegawai lain pun perlu dilatih. SDM bagian keuangan misalnya. Pelatihan bagaimana mengelola keuangan yang bersih dan transparan.

Sebenarnya masih banyak sistem untuk mengatur pemberdayaan SDM yang baik. Anda sebagai pemilik harus mempunyai banyak jaringan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan staf. Silahkan dikonsultasikan mengenai pengelolaan SDM bimbel yang baik.