Silabus Materi Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Untuk Dasar Modul Bimbel SMA

Sebelumnya Anda sudah mendapayka informasi mengenai materi pembelajaran maple Fisika untuk kelas XI SMA, maka kali ini Anda akan kembali melihat bagaimana denngan silabus dan materi pengajaran untuk fisika kelas X.

Semakin tinggi strata pendidikan pada umumnya akan semakin banyak menghadapi masa sulit, termasuk ketika seorang siswa tidak juga mampu memahami konsep yang diajarkan. Untuk itulah diperlukanya bimbingan belajar. Denngan adanya bimbingan belajar, maka siswa aka lebih mudah memahami materi.

Apa sajakah materi pelajaran Fisika kelas X SMA.

  1. Pengukuran
    Memahami hakikat fisika dan logika-logika di dalamnya. Memahami prinsip-prinsip fisika terkait akurasi, presisi dan eksplorasinya
  2. Penjumlahan Vektor
    Menerapka prinsip penjumlahan vector dengan pendekatan geometri, memahami metode perhitungan dan pengukuran fisis, serta memahami konsep resultan vector serta implementasinya
  3. Gerak Lurus Dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan
    Memahami konsep fisis dari kecepatan dan percepatan konstan, menganalisa, dan mengukur dengan tepat percepatan dan kecepatan konstan serta implementasi gerak lurus dengan percepatan dan kecepatan konstan.
  4. Hukum Newton
    Menganalisa hubungan antara gaya, massa dan gerakan benda-benda lurus. Memahami setiap perbedaan efek dari sebuah gerakan terhadap benda lain dan implementasinya.
  5. Gerak Melingkar dengan laju Konstan
    Memahami setiap aspek dari gerak melingkar konstan seperti efek sentripetal, efek sentrupugal, kecepatan linier dan sebagainya, mengukur dan mengeksplorasi aspek-aspek gerakan melingkar dengan laju konstan dengan metode fisis.
  6. Elastisitas
    Menganalisa sifat elastik suatu benda, membandingkannya, memperkirakan gerakan dan efeknya serta memahami prinsip hokum hooke.
  7. Fluida static
    Memahami karakter dan sifat dari gerakan fluida static, prinsip-prinsip di dalamnya, pengukuran dan eksplorasinya.
  8. Suhu dan Kalor
    Menganalisa dan memahami karakter dan prinsip-prinsip dasar dari suhu, panas, perubaha suhu dan panas, hingga perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi.
  9. Alat Optik
    Memahami prinsip kerja alat optic, logika dari alat optic secara visual dan memahami pemanfaatan alat optic di dunia nyata

Dengan silabus ini Anda bisa mengembangkan sebuah modul bimbel SMA untuk IPA yang sesuai dengan kurikulum berlaku saat ini. Tentunya dengan beberapa pengembangan terutama terkait penyampaian materi dan unsure psikologis. Anda bisa menemukan informasi lebih lanjut mengenai cara membuat modul bimbel di sini.