займ на карту без проверок

Strategi Belajar Kelompok Bagi Kelas Bimbel

Strategi Belajar Kelompok Bagi Kelas Bimbel

Dengan pengembangan sistem kurikulum 2013 ini, beberapa teknik baru dalam proses pembelajaran bisa Anda terapkan terutama dalam membantu proses pemahaman materi. Anda tidak lagi harus terpaku dengan konsep belajar mengajar konvensional yang hanya bersifat 1 arah. Salah satu metode yang bisa Anda adaptasi dalam kelas bimbel adalah metode belajar kelompok.

Belaar kelompok dalam kelas bimbel jelas berbeda dari sistem belajar kelompok dalam kelas formal. Karena dalam kelas formal fokus pencapaian bersifat sangat akademin termasuk mengenai keseimbangan peran siswa dalam kelompok.

Namun dalam belajar kelompok di kelas bimbel, target utama pencapaian harus diarahkan pada kualitas pemahaman siswa. Bahkan disini belajar kelompok justru akan berfungsi menjembatani kesenjangan pemahaman antara siswa dengan keterbatasan pemahaman dengan mereka yang sudah lebih paham.

Untuk itu perlu ada beberapa teknik yang bersifat membantu meningkatkan kualitas dari belajar kelompok dalam kelas bimbel.

  1. Berbagi peran
    Beri ruang bagi semua anggota kelompok dalam berbagi peran. Meski tidak bersifat mutlak seperti pada kelas formal, tetapi pembagian peran akan membantu siswa memahami konsep dan materi dari sisi peran mereka.
  2. Buka ruang diskusi
    Di sini sebagai pengajar Anda harus melemparkan materi diskusi untuk membuka kesempatan bagi siswa memahami materi dari sudut pandang yang lebih luas. Ajak siswa melemparkan pendapat dan tanggapan untuk membuka wacana mereka.
  3. Beri kesempatan
    Pada kelompok dengan anggota yang memiliki varian kemampuan, Anda perlu membangun sebuah konsep dimana siswa yang mampu tidak sekedar mengcover kekurangan anggota yang tidak mampu tetapi membangun hubungan dua arah sehingga dengan sendirinya mereka akan berbagi kemampuan.
  4. Buka ruang
    Maksudnya adalah kadang pengajar terfokus hanya pada sipintar dan memberi ruang terbatas pada yang lebi lemah. Justru manfaatkan belajar kelompok ini untuk membantu si lemah muncul dengan dukungan dari si pintar di belakang mereka.

Menarik kesimpulan bersama
Libatkan setiap pihak dalam menarik kesimpulan. Libatkan si lemah untuk melihat masalah dari logika mereka dan kaitkan dengan logika dari sipintar. Gabungan keduanya inilah yang akan membantu mereka menningkatkan kemampuanya.

Artikel terkait

Jual Modul Kursus Murah Berkualitas

Kumpulan Cover Modul Bimbel SD

modul bimbel, modul bimbingan belajar, modul bimbel sd, modul bimbel smp, modul bimbel sma, adminstrasi bimbel