Strategi Promosi Lembaga Bimbingan Belajar Paling Efektif

Strategi Promosi Lembaga Bimbingan Belajar Paling Efektif

Ada beberapa penelitian tentang bagaimana cara lembaga bimbingan belajar yang terkenal. Namun, cukupkah hanya mengetahui strategi yang mereka gunakan? Tentu saja tidak. Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika melakukan promosi lembaga bimbel yang Anda pimpin.

Lebih dari itu, justru kalau Anda meniru strategi promosi yang dilakukan oleh lembaga bimbel yang lain, kemungkinan berhasil kecil karena pasti banyak sekali yang melakukan strategi promosi tersebut.

Dengan mengetahui pertimbagan berikut, Anda bisa menentukan strategi promosi sendiri yang sangat efektif.

Apa saja faktor-faktor tersebut?

Pertama adalah waktu. Setidaknya Anda harus menerapkan lebih dari dua strategi promosi dengan mempertimbangkan waktu, apakah pada waktu atau masa awal penerimaan siswa baru atau waktu para siswa akan menghadapi Ujian Akhir Nasional atau UAN.

Dengan mempertimbangkan waktu ini, Anda akan bisa menawarkan program tertentu sesuai kebutuhan para siswa.

Yang kedua adalah Kondisi Sosial. Memang sekarang sangat marak setiap bisnis, tidak terkecuali bisnis lembaga bimbingan belajar melakukan promosi melalui media online. Lembaga bimbel membuat website sebagai media promosi yang dioptimasi menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Namun, apakah kondisi sosial di mana lembaga bimbel Anda dirikan rasanya sudah bisa menerima model promosi seperti ini? Untuk daerah kota kecil atau bahkan pedesaan, sepertinya model promosi melalui media online kurang begitu efektif.

Bahkan, untuk lembaga pendidikan di kota kecil dan pedesaan, sangat efektif menggunakan strategi promosi word of mouth atau dari mulut ke mulut. Jadi, Anda perlu pertimbangkan kondisi sosial dalam menentukan strategi promosi.

Mungkin ada faktor lain lagi yang perlu dipertimbangkan. Akan tetapi, dua faktor tersebut harus dimasukkan sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan dan menjalankan strategi promosi.

Selain itu, satu hal yang paling penting adalah melengkapi buku panduan bimbingan belajar. Jangan sampai lembaga bimbel yang Anda pimpin hanya memiliki buku panduan dengan variasi yang sedikit karena siswa nanti tidak memiliki banyak pilihan. Untuk itu, perbaharui terus menerus buku panduan bimbel agar siswa semakin yakin bahwa lembaga bimbingan belajar Anda selalu update, tidak ketinggalan zaman.

Artikel terkait :

Rahasia Sukses Bimbel

Ide Unik Mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar Pasti Laku

Dua Pertimbangan Utama Sebelum Mendirikan Bimbel