Tahapan-Tahapan Rekrutmen Tenaga Pengajar (Tentor) Bimbingan Belajar

Tahapan-Tahapan Rekrutmen Tenaga Pengajar (Tentor) Bimbingan Belajar

Bila kita ingin memiliki bimbingan belajar yang bagus maka kita harus memiliki tenaga pengajar (tentor) yang berkualitas. Seorang tentor harus menguasai pelajaran di bidangnya sehingga mampu menjelaskan materi dengan baik kepada siswanya di kelas.

Melihat betapa pentingnya peran seorang tentor, maka pengelola bimbingan belajar harus merekrut tentor yang berkualitas. Beberapa tahapan yang biasa dilakukan diantaranya adalah:

  1. Tes tulis

Pada tahapan ini, calon tentor diharuskan mengerjakan soal-soal sesuai dengan bidang yang dikuasainya. Tes tulis ini untuk melihat sejauh mana calon tentor menguasai materi pelajaran.

  1. Tes mengajar

Calon tentor diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya menjelaskan materi pelajaran di depan penguji. Pada tahapan ini ada 2 penguji. Yang pertama adalah tentor senior dan yang kedua adalah dari pihak SDM. Pada tahap ini, kedua penguji tersebut akan melihat bagaimana calon tentor menjelaskan materi kepada siswa di kelas. Terkadang ada orang yang mampu dalam mengerjakan soal tapi tidak bisa menjelaskan dengan lugas kepada orang lain. Ini salah satu poin pentingnya. Hal lain yang dapat dilihat pada tahapan ini adalah bagaimana calon tentor menguasai kelas yang diisi oleh beberapa siswa, serta sikap dan psikologis calon tentor di dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh siswa.

Kedua poin di atas adalah tahapan minimal di dalam proses merekreut tentor yang berkualitas. Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan bimbel yang Anda miliki.