Tips Jitu Untuk Menjadi Mentor Kelas Privat

Menjadi professional sebagai mentor kelas privat? Kenapa tidak, berikut ini beberapa tips jitunya.


TipsĀ  Jitu Untuk Menjadi Mentor Kelas Privat

Dalam 2 artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai bagaimana cara tepat dalam membangun diri menjadi seorang pengajar professional. Dikatakan mengenai apa saja yang perlu Anda asah sekaligus apa yang perlu Anda hindari untuk itu.

Tetapi rupanya hal yang sedikit berbeda harus Anda lakukan ketika profesi Anda adalah seorang mentor untuk kelas privat. Di sini pelayanan Anda bersifat personal jadi ada beberapa pendekatan yang jelas berbeda dari pendekatan dalam kelas bimbingan belajar biasa.

Dan inilah beberapa tips untuk menjadi profesional sebagai mentor kelas privat.

  1. Bangun hubungan pertemanan dengan siswa Anda
    Untuk membuat hubungan mentor dan siswa menjadi nyaman, coba bangun hubungan pertemanan antara Anda dan siswa Anda. Luangkan waktu Anda bukan sekedar sebagai pengajar, tetapi sebagai seorang teman curhat dan konsultasi. Setidaknya apa yang mereka alami saat ini sudah pernah Anda alami juga kan di usia remaja Anda.
  2. Biarkan mereka menceritakan kesulitan mereka
    Jangan memberikan materi sesuai dengan modul, karena ini bersifat personal akan lebih baik berikan dulu waktu untuk siswa Anda menceritakan hambatan dan masalah mereka dalam pelajaran, termasuk bab apa saja yang mereka pahami dan tidak mereka pahami.
  3. Pahami kemampuan mereka dengan soal
    Berikan mereka beberapa soal di awal dengan beberapa tingkat kesulitan. Ini akan membantu Anda memahami sejauh mana siswa benar-benar menguasai materi dan sejauh mana kesesuaian cerita siswa Anda dengan realita kondisinya.
  4. Libatkan mereka secara aktif dalam diskusi mengenai materi
    Jangan jalankan pembelajaran satu arah sekalipun ini adalah kelas privat. Justru jadikan sesi privat sebagai proses belajar dan diskusi dengan melibatkan mereka dalam memahami materi, mempraktekannya dan menyerap konsep secara keseluruhan. Termasuk pula dalam menyelesaikan soal.
  5. Berikan tahapan materi sesuai kemampuan pemahaman siswa
    Dalam penyampaian materi, lakukan dengan cara bertahap sesuai dengan kemampuan siswa secara personal. Anda bisa lakukan dengan mengikuti alur siswa, tingkat kebosanan, daya tahan belajar dan kemampuan mereka dalam menyerap materi. Sifat proses belajar mengajar 100% personal, jadi tidak ada bentuk baku untuk setiap sesi. Ada siswa dengan kemampuan lebih bisa Anda beri materi lebih banyak dengan soal-soal lebih banyak. Namun di sisi lain ada pula siswa yang cepat jengah dan tidak bisa mendapat banyak materi secara berlebihan.Untuk itu selalu tingkatkan intuisi Anda untuk menemukan keterbatasan dan kemampuan siswa Anda.

Itulah tadi 5 cara dalam menjalankan kelas privat dan caranya menjadi professional sebagai mentor kelas privat.

modul bimbingan belajar, modul bimbel, modul bimbel sd, modul bimbel smp, modul bimbel sma, modul bimbel matematika, modul bimbel ipa, softcopy modul bimbel, sop dan administrasi bimbel