Tips Pemasaran Untuk Usaha Kursus Privat

Tips Pemasaran Untuk Usaha Kursus Privat

Selama ini tidak banyak informasi seputar cara tepat dalam menjalankan usaha kursus privat. Padahal usaha satu ini tak kalah menjanjikannya disbanding usaha bimbel biasa dengan model kelas. Hanya saja karena sifatnya personal seringkali usaha model ini dipandang bukan bagian dari usaha professional.

Bagaimana bisa usaha kursus privat dianggap bukan bagian dari usaha professional, sementara usaha macam ini tetap membutuhkan seorang dengan kemampuan yang memadai untuk bisa menyampaikan materi secara personal. Malah kadang karena sifatnya personal Anda sebagai mentor pribadi akan dituntut untuk mampu membangun pendekatan personal secara khusus. Artinya Anda perlu mengajar dengan cara dan pendekatan yang berbeda untuk tiap siswa, sesuai karakter tiap siswa.

Masalahnya, karena sifat usaha ini yang terbatas kapasitasnya, jelas Anda memerlukan sistem yang lebih simpel dan tidak memakan biaya. Termasuk sistem dan teknik pemasaran yang lebih tepat menembak pada target dengan biaya yang minim.

Bagaimana cara tepat memasarkan usaha kursus privat yang sesuai kretiria tersebut ?

  1. Jalur kerjasama
    Lakukan kerjasama dengan guru sekolah untuk membantu Anda mempromosikan jasa Anda kepada siswa secara personal. Biasanya pada saat pembagian raport, Anda bisa mencari siswa dengan hasil prestasi yang tidak memuaskan sebagai target Anda. Rekomendasi dari guru kelas selalu lebih mampu membujuk para orang tua untuk mengambil keputusan.
  2. Jalur pasar terdekat
    Buka penawaran pertama di lingkungan tinggal Anda. Anda bisa membuka kelas privat pertama Anda untuk anak-anak tetangga Anda. Dari sini Anda bisa menjadikan kelas pertama ini sebagai pembuktian awal akan hasil pengajaran Anda. Dari sini nantinya mereka yang puas akan dengan sendirinya membantu Anda mempromosikan jasa Anda.
  3. Jalur promosi
    Cara klasik seperti penyebaran pamflet sebenarnya masih cukup efektif. Hanya saja karena usaha kursus privat sifatnya lebih simpel, sebaiknya gantikan media promosi dengan liflet yang lebih murah dan tidak terlalu memakan waktu untuk membacanya. Karena kepentingan di sini adalah menyampaikan bahwa Anda membuka usaha kursus privat. Lakukan penyebaran liflet di kawasan perumahan ketimbang langsung Anda serahkan pada siswa, karena biasanya pengambilan keputusan terletak pada kebijakan orang tua.

Itulah beberapa cara pemasaran yang efektif mendapatkan siswa untuk Anda yang membuka usaha kursus privat. Dengan memanfaatkan cara ini Anda bisa memasarkan dengan biaya yang cenderung minimal dan masuk akal untuk kapasitas usaha Anda.