Trik Membuka Bisnis Bimbingan Belajar Di Kota Kecil

Trik Membuka Bisnis Bimbingan Belajar Di Kota Kecil

Ini dia trik jitu dalam menghadapai kendala dan kesulitan dalam membuka bisnis bimbingan belajar di kota kecil.

Seperti sudah di bahas dalam beberapa artikel sebelumnya mengenai pembukaan bisnis bimbingan belajar di kota kecil, dikatakan mengenai potensi dari bisnis bimbingan belajar yang beberapa kali lebih memiliki peluang besar di bandingkan dengan peluangnya di kota besar. Informasi ini bisa Anda lihat lebih jelas di sini.

Namun demikian dibalik potensinya juga tersimpan beberapa kendala dan kesulitan yang perlu Anda waspadai, terkait SDM, pasar dan daya beli dan akses yang terbatas. Informasi ini bisa Anda lihat di sini. Untuk itu diperlukan trik trik untuk menyikapi kendala ini dengan baik.

Berikut ini beberapa trik dan lankah strategis terbaik yang bisa Anda coba jajal dalam membuka bisnis bimbingan belajar di kota kecil.

  1. Pembukaan lowongan lokal
    Pada umumnya di daerah kecil tidak seperti di kota besar yang dengan mudah mengumumkan lowongan pekerjaan. Jadi temukan media promosi lokal seperti radio, sosial media hingga memanfaatkan aparat setempat dengan memasang pengumuman lowongan kantor kelurahan atau aparat desa. Pengumuman lebih dijuruskan mencari tutor lulusan universitas negeri atau universitas swasta besar.
  2. Pemberian Gaji yang lebih baik
    Di kota besar sangat mudah mencari tenaga pengajar, seakan mati satu tumbuh seribu. Tetapi tidak demikian di kota kecil. Jadi jangan gunakan prinsip d iota besar yang bisa menurunkan beban gaji tutor sebagai langkah penghematan. Justru berikan gaji dan kesejahteraan yang sangat layak supaya Anda tidak harus repot mencari tenaga baru terus menerus.
  3. Promosi via sekolah
    Untuk bisa memasarkan jasa bimbingan belajar di kota kecil, salah satu cara paling efektif adalah dengan bekerja sama dengan sekolah di dekat lokasi Anda. Hubungan yang saling menguntungkan dalam kerjasama akan mendorong sekolah untuk mengarahkan siswanya menjadi siswa tempat kursus Anda.
  4. Fokus pada Ujian Nasional
    Salah satu pasar terbaik di kota kecil adalah siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional. Bahkan kadang perbandingannya dengan kelas untuk siswa kelas lain bisa mencapai 1 : 5. Untuk itu optimalkan aktivitas usaha pada kelas menghadapai Ujian Nasional.
  5. Tekan biaya
    Bila dikatakan di atas sebaiknya Anda meningkatkan standar penggajian untuk tutor, maka Anda perlu menurunkan pengeluaran untuk pos lain karena di kota kecil Anda tidak bisa menjual jasa bimbingan belajar dengan harga tinggi. Jadi pilihlah lokasi dengan biaya miring, masih terjangkau dari sekolah, bukan bangunan baru dan tata dengan layout ruang sederhana.

Dengan trik trik ini Anda bisa menjalakan bisnis bimbingan belajar ini dengan biaya lebih murah, dengan fokus pasar lebih baik dan tenaga kerja professional yang tepat.

jasa bimbingan belajar, bisnis bimbingan belajar, modul bimbingan belajar, modul bimbel sd, modul bimbel smp, modul bimbel sma, modul bimbel matematika, administrasi bimbel dan sop